Posted by: m2joetex | September 18, 2007

Bakrie Mulai Bangun SLI di 2008

Bakrie Mulai Bangun SLI di 2008

Achmad Rouzni Noor II – detikinet

Jakarta – Bakrie Telecom menyatakan siap mulai melakukan pembangunan infrastruktur Sambungan Langsung Internasional (SLI) pada 2008. Pemerintah pun sudah siap menagih komitmen pembangunannya.

Hal itu dikemukakan Rakhmat Djunaedi, Direktur Layanan Korporasi Bakrie Telecom, yang dihubungi seusai pengumuman pemenang tender SLI, Senin (17/9/2007). “Tahun depan akan dimulai pembangunannya, dari Batam ke Singapura,” ujar Rakhmat.

Bakrie Telecom, ujar Rakhmat bersyukur mendapatkan lisensi SLI ini. Mereka pun berjanji akan melakukan pembangunan secepat mungkin. Sedangkan alokasi biaya yang dianggarkan, selama lima tahun, adalah Rp Rp 222,899 miliar.

Dirjen Pos dan Telekomunikasi Basuki Yusuf Iskandar mengatakan, izin prinsip penyelenggaraan SLI bagi Bakrie Telecom akan keluar satu bulan dari pengumuman ini. Sedangkan selama lima hari setelah pengumuman pemerintah memberikan masa sanggah bagi pihak yang keberatan dengan hasil tender.

“Itu kan perlu, karena belum tentu panitia lelang selalu benar. Masa sanggah ini memang wajib sesuai Kepres 80,” ujar Basuki saat pengumuman di Gedung Sapta Pesona, Jakarta, Senin (17/9/2007).

Basuki mengatakan, SLI Bakrie Telecom harus sudah beroperasi paling lambat pada 2010. Jika hal itu, dan komitmen pembangunan yang dijanjikan Bakrie tidak tercapai, Basuki mengatakan akan ada sanksi.

Selain itu Basuki berpendapat pasar SLI masih potensial untuk digarap. “Pasar SLI masih tumbuh, meski tidak sebesar sebelumnya dan tidak sebesar sektor lainnya,” ujarnya.

Komitmen Pembangunan

Ada beberapa komitmen pembangunan yang harus dipenuhi oleh Bakrie Telecom pada lima tahun pertama. Pertama adalah pembangunan 5 sentral gerbang internasional (SGI) di Jakarta, Surabaya, Batam, Makassar, dan Medan.

Selain itu Bakrie juga harus membuat satu landing point di Batam dengan rute jaringan internasional yang direncanakan menuju Singapura, pembangunan jaringan keterhubungan dengan Internet Exchange (IIX) melalui serat optik, serta penyediaan jaringan transmisi.

Jaringan transmisi tersebut terdiri dari, antar SGI Jakarta-Batam (kapasitas 189 E1, jarak 1385 kilometer), antar SGI Jakarta-Surabaya (126 E1, 900 km), antar SGI Surabaya-Makassar (63 E1, 1050 km), di SGI landing point Batam (250 E1, 5 km), serta interkoneksi SGI sentra mitra lokal (24 E1, jarak 5 km). Untuk interkoneksi ini disebutkan sudah tersedia dan sebagian akan dibangun.

Wilayah layanan pada lima tahun pertama akan meliputi dua wilayah utama, yaitu: Indonesia Bagian Barat yang meliputi Jawa, Sumatera, dan Kepulauan Riau melalui SGI Jakarta dan Indonesia bagian timur melalui SGI Surabaya.

Koneksi Internet Internasional

Dalam masa lima tahun pertama itu, Bakrie harus menyediakan koneksi ke jaringan backbone internet tier-1. Koneksi ke tier-1 ini secara bertahap terdiri atas: Batam-Singapura (40 km) dengan tingkat keterhubungan ke tier-1 level 1, Singapura-Amerika Serikat (17480 km, level 2), Singapura-Hong Kong (3180 km, level 2), dan Hong Kong-Amerika Serikat (15500 km, level 3).

Jumlah pair yang akan dialokasikan untuk SLI dan sewa jaringan untuk rute tersebut di atas adalah masing-masing satu pair. Sedangkan koneksi ke jaringan backbone internet tier-1 di AS, baik level 2 atau level 3 akan bekerja sama dengan Verizon selaku pemilik cable landing station di Singapura.

Kemudian, pada lima tahun kedua juga ada komitmen pembangunan yang harus dipenuhi oleh Bakrie Telecom. Ini mencakup satu landing point di Kupang dengan rute jaringan internasional menuju kota Darwin, Australia.

Rute internasional ke Darwin tersebut, ujar Basuki, dibangun dengan asumsi jaringan backbone konsorsium palapa ring tahap 1 di Indonesia Bagian Timur sudah beroperasi. Koneksi Kupang-Darwin akan dilaksanakan melalui kerjasama dengan Telstra Corp selaku pemilik cable landing station di Australia.


Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Categories

%d bloggers like this: